Berbagai Persiapan dan Kiat Penting Untuk Umroh

Bagi Anda yang baru pertama kali mengerjakan umroh, tentu Anda tak memiliki ilustrasi secara keseluruhan tentang apa-apa saja yang sepatutnya dipersiapkan kecuali ilmu dan rukun-rukun umroh. Sebab ibadah umroh lazimnya dilaksanakan dalam kurun waktu tujuh, Sembilan sampai belasan hari, tentu kita semestinya mempersiapkan diri supaya meminimalisir hal-hal yang kemungkinan dapat mengganggu jalannya ibadah kita disana.

Berikut ini kami akan memaparkan aneka persiapan dan kumpulan kiat penting untuk jamaah umroh agar perjalanan kamu aman, nyaman dan menyenangkan.

Fase Persiapan Secara Keilmuan
- Mempelajari Keutamaan-Keutamaan Tentang Ibadah Umroh Secara Mendalam
Sebelum mengerjakan ibadah umroh, sebaiknya kamu mengenal dulu keutamaan ibadah Sunnah ini. Hal demikian dikerjakan supaya Anda menerima ghiroh atau motivasi yang kuat sehingga niat anda-pun kian teguh. Ingat, ilmu-lah yang akan dapat membantu kita menata niat hati dalam melaksanakan serangkaian ibadah ini.
- Mempelajari Rukun dan Tata Metode Ibadah Umroh
Tidak cukup hingga niat, kita bahkan wajib belajar secara untuk seputar rukun umroh dan tata cara proses ibadah umroh. Jangan hingga perjalanan panjang dan langka ini menjadi sia-sia karena ketidaktahuan kita terhadap persyaratan sahnya ibadah umroh.
- Mempelajari Larangan-Larangan Yang ada Selama Ihram Umroh
Salah satu cara untuk menjaga ibadah umroh kita merupakan dengan mewaspadai perilaku yan dapat membatalkan umroh atau mengurangi nilai pahala umroh. Mempelajari larangan yaitu cara bijaksana kita.
- Mempelajari Sejarah Nabi Terpenting Keluarga Ibrahim
Dengan mempelajari sejarah, diinginkan kelak kita akan dapat menyelami makna-makna dan membayangkan ketaatan, perjuangan dan perjuangan orang-orang shaleh terdahulu. Hal ini akan membantu kita menerima kekhusyukan pada dikala kita menginjak segera tanah suci Mekkah dan Madinah.
Ada sebagian pengetahuan lain yang bisa kita pelajari sebelum menjalankan keberangkatan. Cara lainnya kalau kamu tidak sempat membaca buku, kamu dapat men-download video kajian mengenai ibadah umroh. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan konsentrasi dan kekhusyukan pada dikala progres.

Bayangkan saja bila Anda tidak membekali diri dengan ilmu-ilmu dibalik ibadah umroh, boleh jadi perjalanan umroh akan terasa hambar dan cuma akan seperti perjalanan wisata umum saja.

Persiapan Administratif
- Mempersiapkan buku dan catatan berisi doa-doa dan panduan umroh.
- Mempelajari sekilas seputar denah masjid, hotel dan tempat-tempat untuk proses ibadah.
- Mengecek dan mempersiapkan dokumen seperti paspor, visa dan kartu kuning vaksinasi.
- Mengamati profil dimana hotel tempat kita menginap sehingga kita dapat menyesuaikan diri dan mempersiapkan jadwal ibadah selama di tanah suci.
- Menukarkan uang rupiah ke riyal. Tidak perlu seluruh ana tukarkan, karena disana malahan banyak tersedia tempat penukaran uang (money changer). Disana juga banyak penjual yang menerima uang rupiah. Tukarkan dalam beberapa pecahan besar dan kecil.
- Mempersiapkan marker atau petunjuk-pedoman khusus untuk disematkan pada kelengkapan kamu terutamanya peralatan seragam (untuk menghindari barang tertukar dan mempermudah pencarian).

Persiapan Jasmani, Mental dan Spiritual
- Jaga pola rehat anda, hindari begadang untuk menjaga kebugaran sampai waktu keberangkatan.
- Membiasakan diri untuk berolahraga sampai keberangkatan. Jalan dan lari pagi yakni olahraga paling pas untuk energi stamina dikala umroh. Lakukan olahraga minimal tiga kali seminggu masing-masing 30 menit.
- Kecuali meningkatkan diri dengan Allah, berpuasa juga dapat menolong menyehatkan tubuh Anda dari dalam.

Persiapan Perlengkapan
Pada dasarnya ibadah umroh bukanlah sebuah perjalanan yang memerlukan banyak kelengkapan. Yang paling penting tentu kelengkapan ihram. Walaupun kelengkapan lainnya, sebaiknya kamu benar-benar membawa barang seperlunya saja.

Pertama-tama, untuk mempermudah kamu melaksanakan packing barang untuk dibawa, kategorikanlah variasi perlengkapan yang akan Anda bawa seperti berikut ini :
- Perlengkapan Untuk Ihram
- Peralatan Untuk Baju Sehari-hari
- Peralatan Mandi dan Kosmetik
- Kelengkapan Telekomunikasi
- Kelengkapan Kesehatan
- Kelengkapan Administrasi
- Kelengkapan Atribut atau Identitas Diri dari layanan umrah terpercaya

Dari klasifikasi diatas, silahkan Anda jabarkan masing-masing klasifikasi tersebut layak dengan kebutuhan anda. Bagi Anda yang baru pertama kali pasti akan merasa lazim dan linglung berapa banyak dari masing-masing item yang patut dibawa. Ketimbang Anda cuma menyangka-ngira, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan sahabat atau kerabat yang baru saja menunaikan umroh. Sebab umumnya ada tips atau trik yang dapat kita dapatkan mengenai berapa jumlah dan apa-apa saja barang yang seharusnya dibawa.

Selalu penjelasan singkat perihal aneka persiapan yang seharusnya kita observasi dan sedikit kiat penting untuk Anda yang akan menunaikan ibadah umroh dalam waktu dekat. Langkah Anda untuk menunaikan ibadah umroh telah terpenuhi dengan menjadwalkan keberangkatan. Tinggal Anda sempurnakan dengan persiapan sebaik-pantasnya.

Ramadhan ingat bahwa tujuan umroh ialah dalam rangka merengkuh pahala dan ridha Allah semata. Isi hari-hari menuju keberangkatan dengan doa dan ikhtiar penyempurnaan ibadah saat sudah tiba di tanah suci. Jangan hingga pulang umroh dengan tangan hampa karena kita malah disibukkan dengan perkara yang tak perlu.